Sunday, December 29, 2013

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck [warning: spoiler]

Awalnya emang mau nonton, tapi ga jadi gegara males duluan seetelah baca sinopsisnya. Tapi nyokap tau-tau semangat ngajakin nonton, yaudah jadinya nonton deh. Turns out not as bad as I thought. Banyak kalimat puitis dan romantis, sadis tapi ga najis (yeah it rhymes haha). I'll quote several maybe kalo inget haha.



Ceritanya berawal dari Zainuddin yang dateng ke Batipuh di Padang Panjang, desa asal almarhum ayahnya. Sementara almarhum ibunya orang Makassar. Dateng deh tuh dia dari Makassar ke Padang Panjang, numpang nginep di rumah tantenya(kalo jaman sekarang gitu kali ye). Terus di desa itu, ketemulah dia sama Hayati, bunga desa itu. Yatim piatu juga, tapi masih kerabat datuk. Awal kenalannya modusin minjem payung gitu pas ujan, azek haha. Terus surat-suratan lah mereka, kadang ngobrol berduaan juga. Isi surat Zainuddin curhat gitu deh, dia ngerasa terbuang. Di Makassar dianggap orang Padang, di Padang dianggap orang Makassar. Tapi mereka jadi bahan gosip di desa itu, si datuk alias omnya Hayati ga setuju juga sama hubungan mereka. Lalu Zainuddin disuruhlah pergi ke Padang Panjang (kota) buat belajar agama lebih lagi. Pas perpisahan sama Hayati sedih gitu deh, Hayatinya sampe sumpah bakal nunggu sampe kapan pun, sampe bilang kalo dia ga jadi suaminya di dunia bakal jadi suaminya di akhirat. Terus Zainuddin minta kenang-kenangan dan dikasihlah selendang yang biasa Hayati pake.

Skip. Pas Zainuddin udah di Padang Panjang, Hayatinya mau ngunjungin gitu. Ngineplah dia di rumah temennya, Khadijah. Tajir n modern, bergaulnya sama orang Belanda. Khadijah ini punya kakak, namanya Azis. Perlente abis lah, pake jas, dasi, ngerokok cerutu. Tapi sering ngejudi. Di Padang Panjang ini pun Zainuddin sama Hayati ketemu cuma sekilas, liat-liatan doang, gegara Hayatinya ditarik-tarik Khadijah buat nonton pacuan kuda. Singkat cerita, Hayatinya udah pulang ke Batipuh. Si om datuknya dapet dua lamaran buat Hayati: dari Zainuddin pake surat dan dari Azis (not clear surat juga atau apa, yang jelas dia disuruh nyokapnya). Lalu Ninik Mamak (om dan tantenya) Hayati bermusyawarah, buat nentuin mesti nerima siapa. Tantenya sih ada yang belain, bilang Hayati cintanya sama Zainuddin, kalo sama Azis nanti ujung-ujungnya Hayati makan hati berulam jantung. Tapi datuknya kekeuh sama Azis aja, karena secara adat n materi lebih bagus, pure Minang n tajir. Ditanyakan ke Hayati, bilangnya "sudah dipilihkan agar bisa berbahagia", which dijawab "Ati menurut saja". Lalu semua pada bilang alhamdulillah gitu, Hayatinya mah nangis pasrah gamau sebenernya. Terus Zainuddinnya patah hati sampe sakit-sakitan, karena pengharapannya diputus Hayati, mana diputusinnya gitu di suratnya (Hayati ke Zainuddin), disuruh nganggep ga pernah ada apa-apa.

Disemangatin buat move on sama Bang Muluk, Zainuddin dan Muluk hijrah ke Batavia. Disana Zainuddin bikin cerita bersambung di koran, laku keras sampe dibukuin jadi novel. Berevolusi lah dia, jadi kece bajunya, udah banyak duit juga, terus pindah ke Surabaya buat ngurusin kantor koran disitu. Rumahnya mewah banget dan punya mobil. Lalu Azis dan Hayati juga pindah ke Surabaya, gegara Azis promosi jabatan. Ketemulah lagi mereka sama Zainuddin di pesta. Hayatinya mah bengong-bengong ngeliat Zainuddin udah kece. Suatu waktu Azis didatengin debt collector, lalu mereka berdua diusir dari rumah. Jadilah mereka numpang rumah Zainuddin. Setelah sebulan numpang, Azisnya pergi gitu, mau nyari kerja lagi katanya. Beberapa lama setelah dia pergi tau-tau Hayati n Zainuddin masing-masing dapet surat dari Azis, plus berita yang ngabarin kalo Azis ditemukan tewas bunuh diri. After awhile, Hayatinya minta balikan sama Zainuddin, tapi ditolak n marah-marah(?) (oh not really(?) sih, yang jelas ngomongnya emosi). Dia masih dendam gitu sama Hayati, yang katanya janji nunggu sampe kapanpun eh malah nikah sama Azis. One of his kalimat: “Demikianlah perempuan, dia hanya ingat kekejaman orang kepada dirinya, walaupun kecil, dan dia lupa kekejamannya sendiri kepada orang lain walaupun bagaimana besarnya.” (lalu gw merasa jleb u.u;;). Disuruhnyalah Hayati pulang ke Padang Panjang, naik kapal Van Der Wijck, diongkosin. Pas mau naik kapal, Hayati nitipin surat buat Zainuddin ke Bang Muluk. Pas Zainuddinnya pulang kerja baru deh dibaca itu surat, sedih banget kata-katanya. Isi suratnya ada kalimat "Saya butuh dekat denganmu, agar dapat saya tebusi kesalahan-kesalahanku." Hayati sampe bilang di suratnya, dia di Batipuh cuma nunggu dua hal, either Zainuddin yang dateng atau maut yang dateng. Terus Zainuddinnya nyesel, mau nyusul Hayati, eh liat koran ada berita Kapal Van Der Wijck tenggelam. Langsung deh ke RS, ketemu Hayati yang sekarat. Nangis-nangis, tapi Hayatinya mah senyum, karena dia lega liat Zainuddin. "Jika aku mati, aku bahagia karena engkau mencintaiku." Terus Hayatinya minta dibacain dua kalimat suci, jadilah Zainuddinnya bacain syahadat di telinganya Hayati sampe 3x dan Hayatinya meninggal. Epilog, Zainuddinnya makamin Hayati di halaman rumahnya, dingajiin tiap hari, dan sebagian rumahnya dijadiin Rumah Yatim Piatu Hayati.

Terus kenapa gw cerita panjang lebar satu film? Gatau juga sih, pengen aja haha. Yang jelas aktingnya Herjunot Ali sebagai Zainuddin top abis. Apalagi pas dialog emosi itu, udah kalimatnya panjang dan ribet, tapi emosi dan ekspresinya dapet. Pas depresi di awal-awal dan nangis ditinggal Hayati di akhir juga bagus, keren lah. Pas udah kece pake jas juga cocok-cocok aja bajunya (itu sih yang pantes dipuji stylistnya yak haha). Ya lumayan lah,  ga semenye-menye yang gw kira. Btw itu adegan-adegan di Padang Panjangnya di kampung gw semua kayaknya haha. I could recognize several places they use, definitely ada yang di lembahnya Ngarai Sianok. Jadi pengen kesana.... haha. Udah deh gitu aja. If you are reading this, thank you! :p

No comments:

Post a Comment